Skip to main content

Kenapa bisa Bruntusan? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!


Pernah nggasih kulit kalian jerawatan? atau mungkin sedang jerawatan? Dan jerawat kalian tu cuman bruntusan tapi banyak banget di muka. Kaya jerawatnya ada di dalem kulit engga mau keluar pula juga jerawat ini engga sembuh-sembuh.Kadang kulit yang bruntusan ini juga gatal. Mungkin kalo kalian pernah/sedang ngalamin itu artikel ini bakal  membantu kalian untuk mengatasinya. 

Apa benar artikel ini bisa membantu kita menghilangkan jerawatnya? Yap, di artikel ini aku akan bahas penyebab kulit kita bruntusan dengan jerawat yang bisa dikatakan 'mendem' di dalem kulit. Bruntusan dengan ciri-ciri yang aku sebutin di atas kemungkinan besar dapat di identifikasi sebagai fungal acne. 

Hah apasih fungal acne? Bedanya apasih sama jerawat biasa?

Okee.... jadi fungal acne atau biasa disebut Malassezia folliculitis adalah keadaan kulit kita seperti sedang berjerawat tapi bukan jerawat sama sekali. Kalo kalian nemuin di kulit kalian ada bruntus-bruntus seperti jerawat dengan mata dan kemerahan bisa jadi itu bukan jerawat.

Nah, biasanya yang kita tahu jerawat itu disebabkan oleh bakteri, berbeda dengan fungal acne yang disebabkan oleh jamur, lebih tepatnya, jamur Malassezia. Nah, jamur ini banyak banget spesiesnya, dan masing-masing spesiesnya yang menyebabkan keadaan kulit jerawat kita beda-beda.Salah satu contohnya, ketombe. Jadi kulit rambut kita yang berketombe itu disebabkan oleh jamur ini ya guys, bukan cuma wajah tapi bisa juga ada di kulit rambut. 

Area-area yang disukain jamur ini tu area yang berminyak seperti, T zone, dada, punggung, pundak. Nah kalo kalian punya jerawat punggung itu bisa disebabkan oleh jamur ini. 


Lah terus sebenernya apasih yang nyebabin jamur ini bisa tumbuh di kulit kita?

Jadii, jamur ini perkembangannya sangat pesat. Ketika ia berkembang pesat dia bakal nyerang folikel rambut kulit dan menyebabkan inflamasi dan itulah yang kita lihat sebagai bruntusan.

Terus apa yang menyebabkan jamur ini berkembang pesat?

Banyak faktor yang mempengaruhinya, yang pertama adalah keadaan udara yang panas dan lembab. Kalian pasti pernah ketika bruntusan dan lagi panas-panas terus bruntusan itu bakal keliatan banget dan gatel, udah pasti jamur ini bakal berkembang pesat. Kedua, produksi minyak berlebih, kalo kalian punya tipe wajah berminyak sudah pasti jamur ini bakal berkembang pesat. Yang ketiga, penggunaan antibiotik, jadi dengan menggunakan antibiotik jangka panjang itu bisa menurunkan bakteri yang ada di kulit kita yang berperan melawan jamur tersebut. Yang terakhir adalah penggunaan skincare yang kurang tepat. Karena ada beberapa ingredients dalam skincare yang harus dihindari agar jamur ini tidak berkembang pesat.

Nah untuk mastiin sebenernya kulit yang sedang bermasalah initu kena fungal acne apa enggasi sebenernya?

Oke yang pertama fungal acne ini punya penampakan kecil kecil dan muncul banyak seperti pasir kemerahan  juga biasanya disertai dengan rasa gatal. Kedua, kalo kalian udah nyoba segala macem produk skincare tapi tetetp ga menghempaskan bruntusan kalian, yap bisa jadi itu adalah fungal acne.


Nah itu adalah penjelasan dari penyebab bruntusan di wajah kita yang ga ilang-ilang. Tapi, kalo kalian merasa susah untuk menself diagnose kaya ini tu ga kemerahan, ga gatel juga, yakin ga sih ini fungal acne atau bukan kalian bisa langsung pergi ke dokter kulit/dermatologist yaa untuk penanganan profesional :)

Di artikel berikutnya aku bakal nulis kandungan skincare apa ajasih yang harus dihindari. Hope this article help you a lot!

Comments

Popular posts from this blog

5 Alasan Wajib Memakai Sunscreen untuk Kesehatan Kulit!

 Hallo Girls! Ngga kerasa ya pandemi ini sudah hampir setahun, dan selama setahun kebanyakan dari kita malah seringnya di rumah aja. Dari bekerja, hingga Q-timedengan keluarga juga di rumah. Nah, coba absen selama pandemi ini, siapa yang jadi males skincare-an karena di rumah aja?  Eits, meskipun di rumah aja kita harus tetap merawat diri dengan skincare-an ya! Selain untuk menambah mood selama di rumah aja, dengan skincare-an akan merawat kulit kita dengan lebih baik dan terhindar dari stres yang bikin kulit ngga sehat. Salah satu basic skincare yang ngga boleh diskip adalah pemakain sunscreen lho!  Meskipun kalian berada di rumah, sinar matahari dapat tetap menembus ke dalam kulit lho! Seperti yang kita tahu bahwa ada 2 jenis sinar matahari: UVA dan UVB. Sinar radiasi UVA memiliki panjang gelombang yang lebih besar. Sehingga sinar UVA dapat menembus awan dan kaca dan dapat menyebabkan penuaan kulit serta menyebabkan keriput dan flek hitam. Berbeda dengan sinar UVA, sinar radiasi UVB

Skincare Review: Share in Jar-Lanaige Clear C Advanced Effector EX & Laneige Clear C Peeling Serum

Beauty Journals Hi Girls! Kali ini aku mau review produk high-end Korea yg katanya bagus banget yang modelnya mbak cantik Song Hye Kyo (padahal mah emang dia uda canti dari lair :") yeeep "Laneige". Karena modelnya mbak Hye Kyo yang wajahnya bening mulush putih ini pake Laneige jadi banyak orang yang penasaran dan nyoba, sapa tau bisa cantik kaya mbaknya (?). Brand korea ini tuh ada make up kit dan skincare kit. Nah, untuk skincarenya sendiri ini banyak banget jenisnya. Ada produk Laneige yang warna biru , ungu, pink, silver, putih dan masih banyak lagi dan warna warna itutuu punya fungsi yang beda (pusing gak wkwk) sumber: www.qoo10.co.id Nah tapi kalian jangan pusing dulu soalnya skincare kit Laneige ini uda satu set sesuai kebutuhan kulit kalian. Nah sebelum masuk ke pembahasannya nih, aku mau ngasih tau jenis kulit muka aku saat ini. Jadi, ceritanya aku itu berhenti pake rangkaian dokter karena emang aku ingin nyoba skincare korea dan kebetulan juga